Resume Unusa Dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

 


Oleh Prof. Drs. Kacung Marijan, M.A., Ph.D.

Kenapa UNUSA menjadi universitas yang bagus? Karena visi UNUSA yaitu "Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terkemuka, unggul dan profesional dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS), berjiwa wirausaha serta berjati diri Islami". Semoga cita-cita ini segera terwujudkan. Kita tidak mau terbaik di Indonesia saja tetapi juga di ASEAN walaupun usianya masih muda. UNUSA diresmikan pada tanggal 2 Juli 2013. 10 tahun berdiri tetapi kualitasnya tidak kalah dengan univ lain yang usianya sudah 40 atau 50 tahun. Kita tidak ingin yang terbaik di kalangan NU saja tapi negeri dan swasta. Unusa termasuk yang tercepat di Indonesia dan menjadi unggul.

Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.    Orang yang berhasil adalah orang yang mampu menemukan dan mengajarkan kompetensi kepada orang lain.

1. Belajar di Prodi yang diminati

2. Mencoba melihat Prodi lain dan belajar di lingkungan lain

Semua mahasiswa harus bisa kreatif berpikir kritis mengandalkan logika berdasarkan Aswaja. Kemampuan untuk mengolah data. Karena banyak orang yang beragumentasi tapi asal ngomong.

Dalam hal fleksibilitas memang tidak semua bisa fleksibel dalam pertukaran mahasiswa seperti fk, fkk, fkes. Tetapi jangan khawatir karena ada dibagi dua yaitu akademik dan vokasi.

Di UNUSA ada matkul logika dan berpikir kritis, blm tentu di univ lain ada. 

Sekarang yang lebih dibutuhkan adalah talent kenapa? karena Indonesia membutuhkan generasi yang bertalenta. Pada tahun 2019 UNUSA sudah ada LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi). Kebijakan seluruh mahasiswa UNUSA bisa mengikuti satu profesi. Jika lulus dapat ijazah dan sertifikat profesi

Dengan kemampuan ini anda akan bagus

Kampus pertama yang mengadakan kampus studi mayor & minor



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramadhan Kareem in PP. Al-Maliki 1 Bahrul Ulum

Resume Unusa Career Center

Resume Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas