Resume Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas

 


Oleh Ibu Ema Umiyyatul Chusnah, ST., M.MPd diganti Bapak Mukari

Bonus & Tantangan Menuju Indonesia Emas

Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah penduduk yang pada masa usia produktif yaitu 15 hingga 64 tahun meningkat. Bonus demografi ini akan memuncak sekitar pada tahun 2000 dimana kompesisi penduduk Indonesia pada tahun tersebut akan didominasi oleh kelompok usia produktif. 

Yang harus dilakukan adalah menggali kembali makna nilai-nilaibdaei Pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk memerangi radikalisme dan menuju Indonesia Emas 2045. Selain itu, pendalaman karakter manusia Indonesia yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila akan menjadi tamong yang cukup kuat untuk menangkis pemahaman radikalisme.

Pancasila dan Pembangunan : Pada hakikatnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Pembangunan Nasional adalah untuk manusia Indonesia, di mana manusia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Mnusia tidak hanya mengejar kepentingan pribadi tetapi juga memperhatikan kepentingan masyarakat, manusia tidak hanya mengutamakan tercapainya kebutuhan material tetapi juga kebahagiaan spiritual.

Pancasila dan pembangunan : Manusia memiliki fungsi monodualistis, tidak hanya mengejar kepentingan dunia tetapi mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelak. Sila-sila demi sila menunjukkan sistem etika dalam pembangunan iptek. Oleh sebab itulah pembangunan nasional hendaklah mewujudkan tujuan tersebut. 

Kedudukan Pancasila dalam pembangunan nasional :

1. Pancasila harus menjadi kerangka kognitif dalam identifikasi diri sebagai bangsa

2. Pancasila sebagai landasan pembangunan nasional

3. Pancasila merupakan arah pembangunan nasional

4. Pancasila merupakan etos pembangunan nasional

5. Pancasila sebagai moral pembangunan

Pembangunan dalam perspektif pancasila : Pembangunan yang arah nilai-nilai kemanusiaan sebagai "core values", Pancasila sebagai konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai-nilai budaya inti (core values) yang harus dijabarkan dan dikembangkan dalam sejumlah nilai dan pranata sosial sejalan dengan perkembangan masyarakat, kemajuan teknologi dan perubahan lingukungan. Kelima nilai-nilai inti secara terpadu menjadikan rujukan dalam perkembangan pranata sosial dan pola tingkah laku segenap warga negara, baik secara perseseorangan maupun kolektif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramadhan Kareem in PP. Al-Maliki 1 Bahrul Ulum

Resume Unusa Career Center