Ramadhan Kareem in PP. Al-Maliki 1 Bahrul Ulum

Ramadhan Kareem in PP. Al-Maliki 1 Bahrul Ulum

Marhaban Ya Ramadhan... Alhamdulilah kita dipertemukan lagi di bulan suci ramadhan, semoga kita dapat memanfaatkan nikmat yang Allah berikan ini dengan semakin rajin untuk beribadah kepada Allah SWT. Aamiin...

Kehadiran Bulan Suci Ramadhan bagi orang islam adalah suatu hal yang harus kita syukuri sebagaimana bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang diberikan Allah kepada umat muslim yang dimana kita diwajibkan untuk berpuasa yang merupakan rukun islam ke 4. Pada bulan ramadhan haruslah waktu kita digunakan untuk memperbanyak ibadah dan amal shalih. Selain ibadah, bulan ramadhan juga merupakan momentum bagi umat islam untuk memperluas dan mendalami ilmu agama. Tiap bulan puasa, pondok-pondok pesantren banyak yang menggelar pengajian kitab tertentu, yang mengikuti tidak hanya dari kalangan santrinya saja, tapi juga dibuka untuk masyarakat umum bagi yang minat mengikutinya.

Seperti halnya di Pondok Pesantren Al-Maliki 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini, mereka mengikuti ngaji kitab yang khusus pada saat bulan ramadhan atau biasa disebut dengan ngaji kilat. Disebut ngaji kilat dikarenakan qori' kitab (kyai/gus/guru) membacakan bacaan kitab dengan cepat sehingga para santri kewalahan dalam memaknai kitab tersebut. Namun ini menjadi hal yang mengasyikkan karena menantang kita supaya lebih fokus dan tidak mengantuk apalagi ngaji pas waktu dhuhur, menahan lapar pula hehe.

Kegiatan di pesantren selama bulan ramadhan tak jauh berbeda seperti hari biasanya, yang membedakan hanyalah waktu sekolah formal yang singkat dan banyaknya jadwal mengaji kitab. Kegiatan sholat berjamaah selalu dilaksanakan, dan biasanya sebelum memulai bulan ramadhan para santri ziarah ke makam masyaikh.

Kebersamaan saat berbuka puasa di bulan ramadan selalu terasa sangat formal dan terorganisir dengan baik. Santri-santri dari berbagai kelas dan asal daerah berkumpul untuk berbuka puasa bersama. Sebelum waktu berbuka tiba, para santri sudah mempersiapkan segala macam hidangan dan minuman yang diperlukan. Mereka saling membantu dalam mempersiapkan hidangan, sehingga semuanya dapat tersaji dengan rapi dan teratur. Setelah adzan maghrib berkumandang, para santri membaca doa bersama sebagai tanda memulai kegiatan berbuka puasa. Suasana makan menjadi tenang, dan semua orang tampak khusyuk dan penuh rasa syukur. Setelah membaca doa, para santri saling bersalaman dan menikmati hidangan yang telah disajikan. Meskipun suasana formal, namun terlihat kebersamaan yang erat di antara santri-santiri yang tengah berbuka puasa bersama. Selama berbuka puasa, santri-santri tampak menikmati hidangan dengan penuh sukacita. Mereka saling berbicara dan bergurau dengan ramah, seolah-olah mereka sedang merayakan momen yang sangat spesial.

Video terkait: https://youtube.com/shorts/aWuMWRC9gI0




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Unusa Career Center

Resume Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas