Resume Peran Mahasiswa Dalam Kepedulian Lingkungan Untuk Kesehatan dan Perwujudan Indonesia Emas


 Oleh Ibu Mslikha Nourma Rhomadhoni, S.KM., M.Kes.
Sorotan dengan Visi Indonesia Maju dan SDM Unggul, bahwa : Tidak ada cara yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas manusia suatu bangsa dibanding melalui jalur pendidikan. Manusia-manusia yang berkualitas itu hanya akan tercipta dari proses pendidikan yang berkualitas pada semua tingkatan, termasuk pendidikan tinggi. 
Definisi resiko : akibat yang kurang menyenangkan, merugikan/membahayakan, dari suatu perbuatan atau tindakan.
Dasar Hukum : 
1. UUD NKRI Tahun 1945
2. UU No 1 Tahun 1970 pasal 2
3. UU 17 Tahun 2023, tentang kesehatan pasal 5
Firman Allah pada surah Ar-Ruum ayat 41 yang artinya "Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka kebahagiaan dan akibat perbuatan mereka, agar nereka kembali ke jalan yang benar".
Saat ini Negara Indonesia sedang menghadapi triple burden/beban tiga kali lipat berbagai masalah penyakit: 1. Adanya penyakit infeksi 2. Penyakit menular belum teratasi dengan baik 3. Penyakit tidak menular (PTM) cenderung naik setiap tahunnya.
Tantangan penyakit tidak menular di Indonesia : pola makan, pola asuh, pola gerak dan pola makan seperti tinggi kalori, rendah serat, tinggi garam, tinggi gula dan tinggi lemak diikuti gaya hidup sedentary lifestyle, memilih makanan junk food/siap saji, ditambah dengan kurangnya aktivitas fisik, stress dan kurangnya istirahat. Semua itu memicu penyakit hipertensi, diabetes militus, obesitas, kanker, jantung, dan hioerkolesterol.
Faktor-faktor yang memengaruhi derajat kesehatan : faktor perilaku, faktor lingkungan, fisik, kimia, biologi, faktor genetika, faktor pelayanan kesehatan.
Faktor penyebab kejadian kecelakaan : unfase action & unsafe condition.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramadhan Kareem in PP. Al-Maliki 1 Bahrul Ulum

Resume Unusa Career Center

Resume Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas